Pemberdayaan Perempuan melalui Kegiatan UP2K Pemanfaatan Limbah Kain Perca di Desa Bontosunggu

0
63
Bagikan di Whatsapp:

Oleh Tim PKK Network/Intan Nuraeni 

Kain perca selama ini sering kali hanya dilihat selewat karena dianggap limbah yang kurang berguna. Namun, lewat kreativitas, limbah ini dapat disulap menjadi keset kaki dengan nilai jual cukup tinggi. Inilah yang dilakukan PKK Pokja 2 Desa Botongsunggu, Kecamatan Gowa, Sulawesi Selatan dalam program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K).

Proses pembuatan keset kain perca (Dok. @pkk.kecamatanbajeng).

Dalam unggahan @pkkkecamatanbajeng dan @pkkdesabontosunggu pada Rabu, 31 Januari 2024, Ketua TP PKK Kecamatan Bajeng, didampingi oleh Ketua TP PKK Desa Bontosunggu beserta Pokja 2 melakukan kunjungan pengelolaan kain perca yang diubah menjadi keset kaki oleh TP PKK Desa Botongsunggu. PKK Pokja 2 memiliki tugas utama mengelola program pendidikan dan keterampilan, serta pengembangan kehidupan berkoperasi. Untuk program UP2K, Pokja 2 menjadi fasilitator kegiatan pemanfaatan limbah kain perca menjadi benda bernilai ekonomi dan estetis berupa keset kaki.

Pengelolaan kain perca menjadi keset kaki tidak sekadar usaha untuk mengurangi dampak sampah kain, tetapi juga merupakan inisiatif untuk meningkatkan kreativitas dan perekonomian keluarga di tingkat lokal. Langkah seperti ini menciptakan dampak positif ganda, tidak hanya secara lingkungan tetapi juga sosial dan ekonomi.

Usaha kreatif ini akan terus digalakkan oleh penggerak PKK di berbagai wilayah demi makin meningkatnya jumlah perempuan yang mandiri dalam menumbuhkembangkan usaha ekonomi keluarga. 

Editor: DHE

Penulis

Bagikan di Whatsapp:

Tulis Komentar