Tantangan bagi Pelaku UMKM Tahun 2024

Lima event kompetisi wirausaha UMKM digelar di sepanjang tahun 2024.
0
268
Bagikan di Whatsapp:

PKK Network – Sudah berapa lama Anda berkecimpung dalam usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM)? Sudahkah menantang diri untuk mengikuti lomba dan kompetisi? Nah, kalau belum barangkali inilah saatnya.

Paling tidak ada lima event kompetisi wirausaha yang bisa Anda ikuti sepanjang 2024 ini. Event-event yang digelar oleh perusahaan-perusahaan besar di tanah air ini adalah Wirausaha Muda Mandiri (WMM), Dimplomat Success Challenge (DSC), Pertamuda, Briliapreuner, dan Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF).

1. Wirausaha Muda Mandiri (WMM)

WMM merupakan program tanggung jawab sosial utama Bank Mandiri. Tujuannya tak lain adalah membantu Pemerintah dalam menumbuhkembangkan kewirausahaan di Indonesia khususnya di kalangan generasi muda. Program ini telah dilaksanakan sejak 2007.

Tahun WMM menggelar kompetisi bisnis bagi para wirausahawan muda, baik mahasiswa maupun alumni. Kompetisi terbuka untuk berbagai kategori usaha. Bagi yang lolos sebagai finalis WMM berkesempatan memperoleh berbagai fasilitas, yakni pelatihan, mentoring, pameran, penghargaan, dan hibah modal usaha. Selain itu, para juara berkesempatan memenangkan kompetisi dengan nilai total hadiah sebesar Rp2,7 Milyar. Para pemenang juga akan mendapatkan liputan dari media-media nasional serta kesempatan berjejaring.

Periode pendaftaran: September—Oktober 2024

2. Diplomat Success Challenge (DSC)

DSC merupakan program milik Wismilak, sebuah merek rokok kretek premium di Indonesia. Tujuannya adalah memberikan kesempatan kepada kaum muda Indonesia yang berani berwirausaha dengan hibah modal usaha, pendampingan, dan edukasi.

Program kompetisi kewirausahaan ini sudah berlangsung sejak 2010. Untuk tahun ini, DSC menyediakan total hadiah sebesar Rp2,5 Miliar bagi para pemenang. Selain modal usaha, para peserta nantinya akan diundang bergabung dengan jaringan alumni DSC yang sekaligus merupakan komunitas wirausahawan muda Indonesia, Diplomat Entrepreneur Network (DEN).

Periode pendaftaran: Agustus—September 2024

3. Pertamuda

Pertamuda merupakan program pengembangan ekonomi kreatif yang diselenggarakan oleh PT Pertamina (Persero). Perusahaan minyak dan gas nasional Indonesia ini ikut ambil peran dalam pemberdayaan pelaku usaha kreatif di Indonesia, khususnya dalam bidang fashion, kuliner, dan kesehatan.

Pertamuda diluncurkan pada 2019 dengan menyediakan berbagai kegiatan, seperti workshop, seminar, coaching clinic, bimbingan teknis, pameran, dan kompetisi. Ada peluang untuk menerima uang pembinaan hingga ratusan juta rupiah bagi yang terpilih untuk bergabung dalam program ini.

Periode pendaftaran: Agustus—Oktober 2024

Aneka kompetisi untuk UMKM (Dok. @ukmindonesiaid)

4. Brilianpreuner

Brilianpreuner merupakan program kompetisi wirausaha yang diselenggarakan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI). Kompetisinya secara spesifik adalah bagi pelaku UMKM yang berminat ikut dalam pameran ekspor. Berikutnya, BRI akan memilih pemenang berdasarkan minimal tiga hal, yakni jumlah pendapatan tertinggi selama pameran, inovasi produk, dan social media campaign.

Periode pendaftaran: September—Oktober 2024

5. Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF)

ISEF merupakan hasil inisiatif yBank Indonesia yang bekerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan yang terkait dengan ekonomi syariah dan keuangan syariah di Indonesia. Tak heran jika agenda tahunan ekonomi dan keuangan syariah ini menjadi acara terbesar di Indonesia. ISEF menjadi wadah integrasi berbagai kegiatan di sektor ekonomi dan keuangan syariah.

Beberapa lomba wirausaha yang bisa diikuti antara lain Hijrahpreneur Competition untuk umum dan Youth Sharia Sociopreneurship Competition yang dikhususkan bagi mahasiswa. Total hadiahnya senilai ratusan juta rupiah.

Periode pendaftaran: Agustus—Oktober 2024

Itu dia beberapa event kompetisi sepanjang 2024 yang bisa disosialisasikan oleh para penggerak PKK terutama yang mewadahi bidang UMKM. Saatnya untuk menjajal keberanian, mengasah kemampuan, memperluas jaringan, dan mendapatkan dukungan modal usaha.

Sumber:
Instagram @ukmindonesiaid

 

Tim PKK Network/Dhenok Hastuti

Editor: DHE

Penulis

Bagikan di Whatsapp:

Tulis Komentar