Kelompok Dasawisma Matahari 28 Nagari Minangkabau Raih Juara 1 Lomba Dasawisma Tingkat Kabupaten

Berkat program-program yang dijalankannya, Kelompok Dasawisma Matahari 28, Jorong Badinah Murni, Nagari Minangkabau, Kecamatan Sungayang, berhasil menyisihkan kelompok lainnya untuk mewakili Kabupaten Tanah Datar maju ke tingkat provinsi (Sumatera Barat).
0
102
Bagikan di Whatsapp:

PKK Network – Dalam ekspos pada Selasa, 6 Februari 2024, Ismayenti menyampaikan berbagai program dan kegiatan serta inovasi-inovasi yang dilakukan Kelompok Dasawisma Matahari 28. Di antaranya adalah Sekretariat, Semangat Bersama Benahi Kelompok Dasawisma (Semai Benih Delima), serta Pokja I Gerakan Pejuang Subuh Anak dan Remaja dalam upaya mendukung Program Unggulan Pemerintah Daerah Satu Rumah Satu Hafizh/Hafizah. Dalam Pokja I, mereka juga berinovasi dengan Nasi Bungkus pada tiap Jumat (Nabung Jumat) untuk dibagikan kepada jamaah masjid sebanyak 100 bungkus. Selain itu, Sosialisasi Sumbang Duo Baleh (Sosis Duleh) serta Pembinaan Sanggar Seni dan Komunitas Olah Raga.

Untuk inovasi pada Pokja II, Kelompok Dasawisma Matahari 28 memiliki sejumlah program penting. Seperti yang dimuat dalam unggahan Instagram @ tppkk_tanah_datar, program-program tersebut yakni Pojok Literasi atau sudut baca pada kelompok Dasawisma, pembinaan UMKM dengan berbagai makanan olahan berbahan baku lokal, serta juga sulaman benang emas, sapu tangan dalamak, sapu tangan mato, sarung bantal kursi dan hiasan dinding.

Pada Pokja III ada inovasi Palanta yaitu pemanfaatan lahan terbatas, Saung Hijau Dasawisma tempat pertemuan kelompok Dasawisma, ecoenzym atau pengelolaan sampah organik (pupuk kompos), budidaya burung walet, kebun kelompok Dasawisma, dan bank sampah.

Sedangkan inovasi pada Pokja IV menurut Ismayenti adalah program Santiang, yakni sosialisasi dan pembinaan warga yang bekerja sama dengan Puskesmas, pengunaan jamban sehat (Perjasera), serta Bentor Melaju Cegah Stunting yaitu becak motor untuk mengumpulkan hasil panen buah dan sayuran.

Bersama benahi kelompok Dasawisma (Dok. @ tppkk_tanah_datar)

Sebelum penyampaian ekspos, Ketua Kelompok Dasawisma Matahari 28 Nagari Minangkabau telah melewati serangkaian ujian tertulis. Baik tes tertulis maupun ekspos di hadapan dewan juri ini berlangsung di Kantor TPPKK Provinsi Sumbar, Kota Padang.

Sementara itu, Ketua TP PKK Tanah Datar Lise Eka Putra menyebutkan capaian yang ingin diraih adalah lolos enam besar kategori kabupaten dan menjadi juara dasawisma di tingkat Provinsi Sumatera Barat.

“Kita dukung dan doakan bersama semoga Ismayenti bisa lolos dan menjadi yang terbaik di tingkat Provinsi Sumatera Barat dan membawa harum nama Kabupaten Tanah Datar,” harap Ny. Lise.

 

Tim PKK Network/Dhenok Hastuti

Editor: DHE

Penulis

Bagikan di Whatsapp:

Tulis Komentar