Kader PKK, Yuk, Kembangin Potensi Wilayah Kita

0
125
Bagikan di Whatsapp:

PKK Network – Ibu Ida Fitriyah (42 tahun) sudah terjun ke dunia PKK sejak tahun 2009. “Saat itu, suami saya menjadi Sekel (Sekretaris Kelurahan) di Kelurahan Tegal Parang. Dan, saat ini istri Lurah dan Sekel diwajibkan untuk mendukung kerja suami di organisasi PKK Kelurahan,” kata Ibu Ida.

Kemudian, sejak 13 Juni 2022, Ibu Ida Fitriyah diamanahkan sebagai Ketua TP PKK Kelurahan Tebet Timur, Kecamatan Tebet, Kota Administrasi Jakarta Selatan. “Saat ini saya menjadi Ketua PKK karena mendukung tugas suami yang kini menjadi Lurah Tebet Timur,” jelas Ibu Ida.

Menurut perempuan yang sering disapa warga dengan sebutan Bu Lurah Ida, penduduk Kelurahan Tebet Timur berjumlah 7.145 KK/jiwa. “Wilayahnya terdiri dari 10 RW komplek dan 1 RW perkampungan. Rata- rata warganya berprofesi sebagai karyawan dan pengusaha,” kata Bu Lurah Ida.

Ibu Ida mengatakan, untuk berinteraksi dan mengumpulkan warga agak sulit karena lingkungan komplek dan masyarakatnya sibuk. “Karena itu, setiap ada acara, kami jadwalkan satu bulan sebelumnya,” ujar Bu Ida.

Program PKK

Sekarang ini, Bu Ida dan kader PKK Kelurahan Tebet Timur sedang gencar melakukan pembinaan administrasi PKK di tingkat RW.

Program unggulan PKK Kelurahan Tebet Timur adalah UP2K. “Alhamdulilah, beberapa kali kami menjuarai lomba tingkat provinsi dan juga mengisi acara bazar di tingkat Kota Jakarta Selatan dan Provinsi DKI Jakarta,” kata Bu Lurah Ida.

Dampaknya pun sangat positif. Bu Lurah Ida mengatakan, kegiatan UP2K dapat menambah pemasukan bagi warga.

Sementara itu, Ibu Ida menjelaskan inovasi yang sekarang sedang dilaksanakan oleh Tim PKK Kelurahan Tebet Timur adalah penanaman sayuran hidroponik dengan bahan dasar daur ulang, seperti bahan plastik botol air mineral dan dus Styrofoam bekas tempat buah.

Agar program-program PKK dapat berjalan lancar, Ibu Ida dan kader PKK Kelurahan Tebet Timur mengadakan pertemuan rutin. Silaturahmi juga makin dipererat dengan acara pengajian rutin PKK Kelurahan.

Ibu Ida pun mengatur waktu sedemikian rupa dalam menjalankan tugas-tugas PKK di antara bisnis yang dijalaninya dan tugasnya sebagai ibu rumah tangga.

Bu Lurah Ida berharap, kader PKK Kelurahan, PKK tingkat RT/RW, serta kader Dasawisma bisa lebih mengeluarkan potensi yang ada di lingkungan.

Menurut Ibu Ida, keberadaan organisasi PKK di tengah-tengah masyarakat sangatlah penting. “Karena, dalam 10 Program PKK, semuanya ada di dalam keluarga/rumah tangga,” kata Bu Ida.

Sementara itu, seorang Ketua PKK juga harus memiliki kemampuan. “Ketua PKK Kelurahan harus punya skill yang tinggi, seperti pendidikan, kerajinan, public speaking, dan lainnya,” ujar Bu Ida.

Pengalaman Berkesan

Sebagai Ketua PKK Kelurahan Tebet Timur, Ibu Ida punya pengalaman mengesankan.

“Saat itu, kami melaksanakan lomba 10 Program PKK. Saya pikir, antusias warga akan berkurang karena daerah komplek. Namun, ternyata di luar dugaan, warga malah begitu antusias dalam mengikuti lomba tersebut,” cerita Bu Lurah Ida.

Bu Lurah Ida berharap, kader PKK Kelurahan, PKK tingkat RT/RW, serta kader Dasawisma bisa lebih mengeluarkan potensi ada di lingkungan untuk membangun daerah, kota, dan negara tercinta ini.

Penulis

Bagikan di Whatsapp:

Tulis Komentar