Manfaat Market Day bagi Anak PAUD

0
483
Bagikan di Whatsapp:

Market Day PAUD merupakan sebuah program yang diadakan untuk melatih anak-anak sejak dini untuk mengenalkan nilai mata uang pada anak, melatih keberanian, dan melatih anak supaya menghargai hasil karya teman, hingga dapat menjadi wirausahawan yang sukses ke depannya. Seperti yang dilakukan oleh PAUD Melati Putih RW 09 Cempaka Baru, Kemayoran Jakarta Selatan yang menyelenggarakan acara Market Day. 

Pernak-pernik perlengkapan sekolah yang lucu di kegiatan Market Day (Dok. Instagram @rw.09cempakabaru).

Terlihat dalam unggahan Instagram @rw09cempakabaru pada 3 Maret 2024, anak-anak diarahkan untuk berperan sebagai penjual yang menjajakan produk jualannya. Mulai dari berbagai jenis makanan ringan sampai pernak-pernik peralatan sekolah yang lucu juga dijajakan di sana. Pendukung utama dalam melaksanakan Market Day ini adalah guru PAUD, PKK, pengurus RT/RW, dan orang tua murid yang senantiasa menemani dan mengarahkan anaknya agar berani menawarkan jajanannya. 

IBu Guru dan PKK sebagai Fasilitator pendukung jalannya acara Market Day (Dok. Instagram @rw.09cempakabar).

Dikutip dari buku Market Day dan Karakter Kewirausahaan yang diterbitkan oleh K-Media, terdapat beberapa manfaat dari kegiatan Market Day bagi pembelajaran anak, di antaranya sebagai berikut: 

  1. Pengembangan soft skill pada anak, seperti keterampilan berwirausaha, kreativitas, keberanian, tanggung jawab, kemampuan berbicara, ketelitian, kemandirian, ketahanan mental, dan kemampuan bersosialisasi, dapat ditingkatkan melalui kegiatan Market Day.
  2. Market Day tidak hanya sebagai ajang jual-beli, tetapi juga sebagai wadah pembentukan nilai-nilai positif, seperti interaksi yang baik, kejujuran, dan pemahaman peran yang benar. Dengan demikian, peserta didik dapat mempraktikkan perilaku yang sesuai dengan norma umum dan agama.
  3. Melalui pengalaman belajar yang kaya di Market Day, peserta didik mendapatkan pengetahuan baru dan mengembangkan berbagai sikap mental serta karakter yang baik untuk masa depan mereka.
  4. Partisipasi dalam kegiatan Market Day memberikan peluang bagi anak-anak untuk menjadi penjual atau pembeli yang baik, memperkuat keterampilan interaksi, dan memupuk sikap jujur yang penting untuk perkembangan moral mereka.

Penulis

Bagikan di Whatsapp:

Tulis Komentar