Manfaat Kreasi Gunting Tempel dalam Kaligrafi bagi Anak-anak

0
68
Bagikan di Whatsapp:

HasilPKK Network – Kelompok Belajar (Kober) Hidayatul Ummah Desa Cibunut, Majalengka menggelar kegiatan belajar berkreasi menghias kaligrafi pada 19 Maret 2024. Kegiatan ini dilakukan untuk menyambut bulan ramadan, mengisi waktu anak-anak yang sedang berpuasa dengan kegiatan positif dan merangsang kreativitasnya.

Dalam unggahan akun Instagram @tp_pkk_desa_cibunut terlihat anak-anak tengah dibimbing oleh para gurunya untuk menghias kaligrafi dengan menggunakan kertas berwarna. Kertas-kertas tersebut digunting kecil-kecil, lalu ditempel sesuai garis gambar hingga menampilkan kaligrafi yang unik, cantik, penuh warna. 

Kegiatan menggunting dan menempel untuk menghias kaligrafi (Dok. Instagram @tp_pkk_desa_cibunut).

Selain merangsang kreativitas anak, kegiatan menghias kaligrafi dengan menggunting dan menempel ini memiliki banyak manfaat lain seperti membantu melatih motorik halus mereka. Gerakan menggunting mengikuti garis potongan pada kertas membantu mengasah kemampuan motorik halus. Begitu juga aktivitas mengoles lem dan menempelkannya di tempat yang ditentukan membantu menguatkan jari-jemari mereka. Kegiatan ini juga melatih koordinasi tangan dan mata, konsentrasi, serta merangsang pertumbuhan otak anak secara maksimal. Terakhir, gerakan halus yang dilakukan saat latihan menggunting dan menempel juga membantu anak belajar menulis dengan lancar. 

Sumber tambahan: Belajar Menggunting dan Menempel Untuk si Kecil, Website resmi Smart Mama, 18/01/2016

 

Tim PKK Network/Intan Nuraeni 

Editor : DHE

Penulis

Bagikan di Whatsapp:

Tulis Komentar