Makanan Alternatif Jika Anak Tidak Suka Susu

0
56
Bagikan di Whatsapp:

PKK Network – Susu identik dengan sumber kalsium yang sangat penting untuk tumbuh kembang anak. Tak heran jika orang tua merasa khawatir ketika anaknya tidak mau atau bahkan tidak menyukai susu. Padahal kalsium bukan hanya didapat dari susu. Ada beberapa jenis makanan lain yang memiliki kandungan kalsium yang cukup baik. 

Berikut ini beberapa makanan yang bisa diberikan kepada anak sebagai sumber kalsium: 

  1. Ikan teri 

Meskipun bentuknya kecil, ikan teri memiliki kalsium yang lebih tinggi dari segelas susu yakni, per 100 gram ikan teri mengandung 972 miligram kalsium.

  1. Tempe 

Ilustrasi tempe (Dok. Freepik).

Sumber olahan dari kacang kedelai ini juga per 100 gram mengandung 517 miligram kalsium, hampir setara dengan segelas susu. 

  1. Kacang-kacangan 

Ilustrasi kacang (Dok. Freepik).

Tiap jenis kacang memiliki kandungan kalsium yang berbeda, contohnya kacang tanah per 100 gram mengandung 316 miligram kalsium, sedangkan kacang hijau per 100 gramnya mengandung 223 miligram kalsium. 

  1. Ikan sarden 

Ilustrasi ikan sarden (Dok. Freepik).

Ikan sarden juga merupakan ikan kecil yang kaya akan kalsium. Dalam 100 gram sarden terdapat sekitar 382 miligram kalsium. 

Perlu diingat bahwa kalsium yang diperoleh dari protein hewani jauh lebih mudah untuk diserap oleh tubuh dibandingkan dengan kalsium dari protein nabati. Namun, agar lebih seimbang, gabung olahan makanan tadi dengan makanan yang memiliki kandungan gizi lainnya untuk memaksimalkan tumbuh kembang anak. 

 

Sumber : Instagram @bkkbnjawabarat. 

Tim PKK Network/Intan Nuraeni

Editor : DHE

Penulis

Bagikan di Whatsapp:

Tulis Komentar