Lebaran sebagai Ajang Pelestarian Kain Indonesia Karya Perancang Busana Lokal

0
57
Bagikan di Whatsapp:

PKK Network – Suasana Lebaran identik dengan memakai baju terbaik. Tak jarang orang ingin tampil unik dan menarik. Salah satu cara agar tampil beda ialah dengan mengenakan baju berbahan kain khas Indonesia yang dirancang dengan model yang tetap modis, tanpa menghilangkan makna dari filosofi kain itu sendiri.

Seperti yang dilakukan oleh Pj. Ketua TP PKK Kalimantan Barat (Kalbar) yang mengenakan Wastra Kalbar. Dalam unggahan akun instagram pribadinya @windyprihastari membagikan informasi bahwa baju yang dipakainya ini merupakan perpaduan antara unsur alam di kain Tenun Ikat Sintang dengan keindahan benang emas di kain Songket Sambas.

Detail baju Wastra Kalbar (Dok. Instagram @windyprihastari).

Baju yang dirancang oleh perancang busana Kalbar Mysha Hamisah ini mencoba memadukan dua wastra dari dua budaya yang berbeda menjadi sebuah pakaian yg penuh makna, yang melambangkan indahnya keberagaman dalam bingkai persatuan. Menurut Ibu Windy, produk lokal bisa menjadi kebanggaan bagi orang yang mengenakannya. Selain itu tentunya juga membantu perancang busana lokal untuk meningkatkan perekonomiannya.

Tim PKK Network/Intan Nuraeni
Editor: DHE

Penulis

Bagikan di Whatsapp:

Tulis Komentar