Peran PKK bagi Pendidikan di Indonesia

0
105
Bagikan di Whatsapp:

PKK Network – Kehadiran kader PKK dengan berbagai keaktifannya di berbagai bidang sangat berdampak pada kemajuan masyarakat di wilayahnya. Salah satunya adalah kelompok kerja (Pokja) II yang memiliki program unggulan Gerakan Keluarga Indonesia dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Pengelolaan Ekonomi (Gelari Pelangi).

Pada tahun 2020, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 36 memberikan landasan yang kuat bagi PKK untuk menggalakkan Program Pendidikan dan Keterampilan, serta Program Pengembangan Hidup Berkoperasi. Program-program ini tidak hanya bertujuan meningkatkan pendidikan dan keterampilan masyarakat, tetapi juga untuk mengembangkan kemandirian ekonomi keluarga melalui koperasi.

Kegiatan Penyuluhan kepada masyarakat (Dok. Instagram @tp.pkk_kelurahan_samaan).

Berdasarkan hal tersebut peran PKK dalam pendidikan di Indonesia adalah memberikan pembinaan dan pengarahan kepada warga masyarakat tentang wajib belajar 12 tahun, menggerakkan keluarga dalam meningkatkan keterampilan dan pendidikan, memfasilitasi peningkatan kapasitas tutor ke kelompok belajar kesetaraan dengan instansi terkait, serta meningkatkan kapasitas kader PKK dengan menggunakan modul pelatihan PKK.

Melalui upaya yang berfokus pada pendidikan dan keterampilan, kader PKK menjalankan berbagai program yang memberdayakan masyarakat untuk mendukung potensi yang ada.

Sumber tambahan: Pokja II
TP PKK Pusat Masa Bhakti 2020-2024

Tim PKK Network/Intan Nuraeni
Editor: DHE

Penulis

Bagikan di Whatsapp:

Tulis Komentar