Forum Ketua RT dan RW Gagas “Nyaba Kampung”

Sebagai upaya meningkatkan kepedulian kepada pelestarian lingkungan, perubahan iklim dan kemanusiaan di lingkungan Kelurahan Cipayung, Ciputat, Tangerang Selatan, Forum Ketua RT dan RW Kelurahan Cipayung berinisiatif menggelar program Nyaba Kampung, Minggu (12/5/2024).
0
58
Bagikan di Whatsapp:

Nyaba Kampung adalah media pertemuan rutin dan bergilir antar kampung atau antar wilayah RW di Kelurahan Cipayung. Forum Ketua RT-RW Kelurahan Cipayung –yang dibentuk oleh 12 Ketua RW dan 68 Ketua RT se-Kelurahan Cipayung pada tanggal 26 Maret 2022 — menggelar program Nyaba Kampung dengan semangat silaturahmi yang erat, persaudaraan yang kuat, dan kerjasama untuk mendukung terwujudnya Kelurahan Cipayung yang maju, makmur, dan masyhur.

Pencangkulan pertama Proyek Pembangunan Kabel Bawah Tanah.

Menurut Ketua Forum RT-RW Kelurahan Cipayung yang juga menjabat Ketua RW10, Mulyadi Widodo, S.T., istilah Nyaba Kampung dipilih dari paduan kata yang terdengar tidak asing bagi warga Kelurahan Cipayung pada khususnya dan Kota Tangerang Selatan pada umumnya. Nyaba Kampung merupakan gambaran budaya masyarakat Kelurahan Cipayung yang gemar mengunjungi saudara dan tetangganya untuk sekedar berkumpul, saling berdialog, saling membantu, dan saling berbagi solusi untuk kenyamanan, kesejahteraan, dan kebahagiaan masyarakat di wilayah Kelurahan Cipayung. Kegiatan Nyaba Kampung kali ini adalah yang kedua dilaksanakan di RW10 Kelurahan Cipayung setelah yang pertama pada tanggal 7 Agustus 2022 silam.

Konsep Nyaba Kampung memiliki keunikan karena didesain dalam suasana santai dan guyub dengan melibatkan banyak pemangku kepentingan, di antaranya pihak Kelurahan, seluruh Ketua RT-RW, PKK, Karang Taruna, Posyandu, Posbindu, dan tokoh masyarakat di wilayah Kelurahan Cipayung, Kecamatan Ciputat.

Walikota Tangsel dan Ketua RW10 Mulyadi Widodo.

Agenda Nyaba Kampung terdiri atas 3 sesi, yaitu:

  1. Sesi Nyaba pukul 09.00-10.00 WIB. Pada sesi ini peserta dipandu oleh Ketua RW10 berjalan kaki berkeliling lingkungannya dengan rute melalui wilayah RT04, RT01, dan RW.05 sambil menjelaskan tentang: a) kegiatan Bank Sampah “Yes” Nerada, b) kegiatan Kelompok Wanita Tani (KWT) Nerada, c) dinding pembatas Perumahan Nerada Estate di RT04 yang direhabilitasi dengan swadaya, d) turap Kali Ciputat segmen Nerada yang telah dibangun oleh Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air, e) rumah terdampak bencana alam yang telah direhabilitasi oleh Dinas Tata Kota, Bangunan dan Pemukiman, dan f) taman fasilitas umum Blok B2A Nerada Estate yang rencananya akan dibangun sebuah Balai Warga 03 yang Inklusif seluas 45m2 oleh warga dan Taman Ramah Anak dan Lansia oleh Pemerintah Kota Tangerang Selatan;
  2. Sesi Risalah pukul 10.00-11.00 WIB. Pada sesi ini peserta berkumpul kembali di tenda utama untuk mendengarkan: 1) laporan Ketua RW10 Kelurahan Cipayung, 2) sambutan Camat Ciputat, dan 3) arahan Walikota Tangerang Selatan serta selanjutnya mendiskusikan hasil inspeksi keliling RW10 dan masalah yang dapat dijadikan lesson learned atau disolusikan bersama antar Ketua RT-RW dan pemangku kepentingan. Hasil diskusi Nyaba Kampung dicatat sebagai risalah oleh Pengurus Forum Ketua RTRW dan dipublikasikan secara terbatas kepada Forum dan pejabat Kelurahan Cipayung untuk ditindaklanjuti. Pada sesi ini pula Ketua RW10 memperkenalkan pengurus unit kegiatan warga perumahan Nerada Estate yang terdiri atas:
  3. Asuhan Mandiri Tanaman Obat Keluarga (Asman Toga) Nerada,
  4. Bank Sampah “Yes” Nerada,
  5. Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Khoiru Ummah Nerada Estate,
  6. Karang Taruna Nerada,
  7. Kelompok Wanita Tani (KWT) Nerada
  8. Majelis Hadrah Nerada,
  9. Majelis Taklim (MT) Khoiru Ummah,
  10. Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) Nerada, dan
  11. Unit Nerada Cepat (UNC) Tanggap Darurat,

Setelah kesempatan ini pula Ketua RW10 meresmikan 2 unit kegiatan warga baru dan 1 projek, yaitu:

  • Komunitas Nerada Animal Lovers,
  • Program Kampung Iklim (ProKlim) Nerada, dan
  • Projek Kabel Bawah Tanah (Fiber Optic) Nerada
  1. Sesi Ramah Tamah pukul 11.00-12.00 WIB. Pada sesi ini peserta dapat beramah- tamah dan berjejaring dengan seluruh undangan sambil menikmati kudapan dan makanan yang disajikan dalam gerobak bakso, soto, siomay, dan aneka es yang tersedia di tenda makan.

Walikota Tangsel, Camat Ciputat, Lurah Cipayung, Ketua RW10 dan 9 ketua unit kegiatan warga di Nerada Estate.

Kegiatan Nyaba Kampung yang digelar di Sport Center Perumahan Nerada Estate ini menurut Ketua RW10 Kel. Cipayung yang juga Ketua Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kopdarkamtibnas) Polsek Ciputat Timur ini mengundang sejumlah pemangku kepentingan dan tokoh masyarakat, di antaranya Walikota Tangerang Selatan, Anggota DPRD Kota Tangerang Selatan, Pimpinan PMI Kota Tangerang Selatan, Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air, Dinas Tata Kota, Bangunan dan Pemukiman, Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman, Camat Ciputat, Kapolsek Ciputat Timur, Danramil 05 Ciputat, Kepala RSIA Bunda Ciputat, TelkomAkses (PT Telkom Indonesia, Tbk), Biznet (PT Supra Primatama Nusantara), FiberStar (PT Mega Akses Persada), PT Intiraya Margaswadaya, Lurah Cipayung, Lurah Ciputat, 12 Ketua RW, dan 68 Ketua RT serta tokoh-tokoh masyarakat di Kelurahan Ciputat.

Walikota Tangsel, Camat Ciputat, Lurah Cipayung, dan para ketua RT-RW se-Kelurahan Cipayung.

Selain kegiatan Nyaba Kampung, di lokasi yang sama Posbindu Nerada bersama PMI Kota Tangerang Selatan menyelenggarakan kegiatan Donor Darah bagi warga Kelurahan Cipayung. Sesaat sebelum acara berlangsung tercatat 70 warga telah mendaftarkan diri sebagai calon pendonor darah melalui formulir daring dan memberikan kesempatan kepada warga lainnya untuk mendaftarkan diri secara langsung pada saat kegiatan donor darah.

Editor: VAL

Penulis

Bagikan di Whatsapp:

Tulis Komentar