PKK dan Peringatan Hari Lanjut Usia 2024

0
78
Bagikan di Whatsapp:

PKK Network – Peran aktif para kader PKK dalam berbagai program kesehatan dan kesejahteraan lanjut usia (lansia) cukup membantu dan mendukung kualitas hidup para lansia terbukti dengan salah satu program yang telah rutin berjalan seperti posyandu lansia yang dirancang khusus untuk menjaga kesehatan lansia. Hari ini, 29 Mei adalah peringatan Hari Lanjut Usia (HLUN) yang dapat dijadikan ajang untuk menghargai semangat, peran, dan kontribusi para lansia dalam mempertahankan kemerdekaan, mengisi pembangunan, dan memajukan bangsa.

Lansia sehat, dan gembira dengan kualitas hidup yang baik (Dok. Freepik)

Inisiatif terkait HLUN dicetuskan oleh Dr. KRT. Radjiman Widyodiningrat, yang pada tanggal 29 Mei 1945, sebagai anggota tertua dalam sidang BPUPKI, mencetuskan gagasan pentingnya dasar filosofis bagi negara Indonesia. Peringatan HLUN pertama kali dicanangkan secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia pada 29 Mei 1996 di Semarang. Sejak saat itu, HLUN menjadi simbol apresiasi dan penghargaan negara terhadap lansia yang telah berperan besar dalam sejarah dan pembangunan Indonesia.

Terdapat berbagai kegiatan dan program khusus telah disiapkan untuk memperingati HLUN 2024.

Program tersebut dapat dikembangkan dan dilaksanakan oleh para kader PKK, di antaranya:

  1. Pelayanan kesehatan gratis
    Pemeriksaan kesehatan gratis bagi lansia di daerah rawan bencana untuk memastikan kondisi kesehatan mereka tetap terjaga.
  2. Pelatihan dan edukasi
    Program pelatihan dan edukasi tentang penanganan darurat dan mitigasi bencana bagi lansia, sehingga mereka lebih siap menghadapi situasi darurat.
  3. Bantuan logistik dan psikososial
    Penyaluran bantuan logistik serta dukungan psikososial bagi lansia yang terdampak bencana untuk membantu mereka pulih dari trauma dan kesulitan.
  4. Sosialisasi dan pendampingan
    Sosialisasi mengenai hak-hak lansia dan pendampingan dalam mengakses berbagai layanan sosial yang tersedia.

Sumber tambahan: Website Kementerian Sosial Republik Indonesia

Tim PKK Network/Intan Nuraeni
Editor: DHE

Penulis

Bagikan di Whatsapp:

Tulis Komentar