Ketan Srikaya, Produk Andalan PKK Kelurahan Bantarjati

Ketan srikaya sebetulnya bukan makanan khas Bogor. Tapi salah satu cemilan Nusantara ini menjadi olahan andalan tim PKK Kelurahan Bantarjati, Bogor.
0
93
Bagikan di Whatsapp:

PKK Network – Produk makanan merupakan salah satu komoditas yang tak ada habisnya. Tak heran jika setiap daerah memiliki makanan khas masing-masing yang dapat dapat dijadikan oleh-oleh. Ketan srikaya salah satunya. Untuk ketan srikaya hasil olahan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kelurahan Bantarjati dapat dilihat dan dibelanja di Gerai UP2K PKK Kecamatan Bogor Utara di Balai kota Bogor.

Ketan srikaya, kue tradisional dengan cita rasa manis dan gurih ini banyak dijumpai di di hajatan orang Sumatra. Tersaji juga di sebagian rumah makan Padang. Legitnya srikaya yang dipadu dengan ketan yang padat dan gurih cocok disantap setelah makan makanan pedas. Namun cemilan satu ini dengan mudah dapat dijumpai di banyak kota lain. Kota Bogor malah memasukkannya sebagai oleh-oleh khas Bogor.

Bagi yang gemar memasak, proses pembuatan ketan srikaya tak terlalu rumit. Berikut ini resep ketan srikaya yang dikutip dari buku Masakan dan Kue Indonesia, terbitan Gramedia Pustaka Utama (2020).

Bahan:

  • 400 gr beras ketan putih, direndam 1 jam
  • 200 ml santan dari 1/4 butir kelapa
  • 4 lembar daun pandan
  • 3/4 sdt garam
  • 100 gr kelapa muda, dipotong-potong

Bahan srikaya:

  • 250 ml santan dari 1/4 butir kelapa
  • 1/4 sdt garam
  • 100 gr gula merah sisir
  • 25 gr gula pasir
  • 2 sdm maizena
  • 4 butir telur

Cara pembuatan:

  1. Ketan: Kukus beras ketan 15 menit di atas api sedang.
  2. Rebus santan, daun pandan, dan gambar sambil diaduk sampi mendidih. Angkat. Tambahkan berask ketan. Aduk sampai meresap.
  3. Kukus di atas api sedang 30 menit sampai matang.
  4. Masukkan ke dalam koyang dengan ukuran 22x22x3 cm yang sudah diberi alas plastik. Tekan-tekan sambil dipadatkan. Taburkan kelapa muda.
  5. Srikaya: Aduk rata santan, garam, gula merah, dan gula pasir sampai larut. Saring. Tambahkan maizena. Aduk rata. Sisihkan.
  6. Kocok lepas telur. Masukkan campuran santan sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Tuang ke atas ketan.
  7. Kukus di atas api kecil selama 40 menit hingga matang.

Ketan srikaya, oleh-oleh best seller Kota Bogor (Dok. @pkkkelurahanbantarjati

Tidak sulit bukan? Tapi jika tinggal atau sedang berkunjung ke Bogor dan pilihannya adalah langsung “hap”, bisa cari ketan srikaya produk UMKM. Atau bisa cek di akun Instagram @pkkkelurahanbantarjati untuk informasi lebih lanjut. Produk olahan ketan ini dipasarkan dengan ragam pilihan topping, seperti pandan, kayu manis, dan durian, dengan kisaran harga Rp18 ribu hingga Rp60 ribu.

 

Tim PKK Network/Dhenok Hastuti

Editor: DHE

Penulis

Bagikan di Whatsapp:

Tulis Komentar