Studi Tiru Pemkab Karangasem ke Desa Keboananom

Keberhasilan Desa Keboananom dalam melakukan pengelolaan keuangan telah mengundang wilayah lain untuk melakukan studi tiru. Salah satunya adalah dari tim DPMD Kabupaten Karangasem.
0
76
Bagikan di Whatsapp:

PKK Network – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali, melakukan kunjungan kerja ke Desa Keboananom, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur, pada Rabu (3/7/2024) kemarin. Kunjungan ini tak lain adalah untuk melakukan studi tiru terkait keberhasilan Desa Kebonanom dalam melakukan pengelolaan keuangan. Selengkapnya dapat disimak dalam tayang Instagram @pkk.keboananom.

Pada April 2024 lalu, Desa Keboananom mendapatkan penghargaan sebagai Desa Prospektif Good Governance Pengelolaan Keuangan. Berdasarkan penilaian Kementerian Keuangan Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Jawa Timur, Desa Keboananom mendapatkan peringkat kedua. Penghargaan diserahkan kepada Kepala Desa Keboan Anom Sutiyono dalam upacara peringatan hari otonomi daerah di Alun-Alun Sidoarjo, pada Kamis, 25 April 2024.

Seperti dilansir Radar Sidoarjo (25/4/2024), menurut Sutiyono ia hanya melakukan pengelolaan dana desa berdasarkan aturan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Kepala Desa Keboananom saat menerima penghargaan (Dok. Radar Sidoarjo)

“Kami benar-benar mengelola dana dengan baik untuk kebermanfaatan masyarakat, seperti infrastruktur. Kami gunakan untuk membangun infrastruktur seperti jalan, saluran dan lain-lainnya,” ujarnya pasca menerima penghargaan.

Camat Gedangan Ineke Dwi Setiawati yang hadir dalam peristiwa penganugerahan pengharagaan tersebut mengaku bangga dengan prestasi yang didapatkan Desa Keboanom. Ia mengapresiasi kinerja yang dilakukan Pemdes Keboananom, karena menurutnya reward ini berangkat dari sejumlah penilaian di antaranya terkait transparasinya, akuntabilitasnya, profesionalisme, dan kepatutan kewajaran pengelolaan keuangan.

Camat Gedangan berharap desa lain di Kecamatan Gedangan mencontoh Desa Keboan Anom dengan terus meningkatkan kinerjanya dan bermanfaat bagi masyarakat. Terbukti bukan hanya desa-desa di wilayah Kabupaten Sidoarjo saja yang terinspirasi, namun juga pengelola keuangan di pemerintahan Kabupaten Karangasem, Bali, yang menjadikan Desa Keboananom sebagai tujuan studi tiru.

 

Tim PKK Network/Dhenok Hastuti

Editor: DHE

Penulis

Bagikan di Whatsapp:

Tulis Komentar