Pentingnya Transaksi Digital untuk UMKM

Di tengah percepatan laju teknologi, UMKM disiapkan untuk bisa terus mengembangkan diri, terutama dalam hal transaksi digital.
0
46
Bagikan di Whatsapp:

PKK Network – Pada era digital sekarang ini dunia Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dituntut untuk lebih melek digital. Perkembangan teknologi yang cepat tak bisa dihindari, termasuk dalam bertransaksi. Karena itu dibutuhkan pendampingan yang lebih menyeluruh termasuk peningkatan literasi keuangan terutama digital.

Hal tersebut dikatakan Sekretaris Jenderal Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Edy Misero. Menurut Edy, UMKM harus memperbarui diri mengikuti perkembangan dunia digital, misalnya, dalam melakukan pencatatan ke luar dan masuk produk, hingga penerimaan dan pengeluaran keuangan.

“UMKM-UMKM harus belajar. Tidak mungkin tidak. Secara perlahan transaksi ke era digital, dan transfer pembelian, tidak lagi dengan cash tapi sudah bentuk transfer,” ujar Edy seperti dikutip sejumlah media nasional pada Senin (1/7/2024).

Menurut Edy, awalnya perlu digencarkan terlebih dahulu wilayah perkotaan. Berikutnya, baik pelatihan maupun pendampingan perlu dilakukan di seluruh wilayah. Targetnya para pelaku UMKM bisa melek digital.

“Semua sudah digital. Sehingga kita tahu transaksi dengan cepat. Kita mentransfer dan menerima transfer kita tahu. Jadi kita dorong terus untuk masuk di dalam era digital. Kita harapkan 30-40 persen UMKM sudah melek digital bisa terealisir,” ungkap Edy.

Edy berharap para pendamping bisa mempersiapkan pelaku UMKM, mulai dari pembukuan sederhana sehingga tata cara pengajuan pinjaman atau KUR. Semua catatan keluar masuk transaksi tertata rapi.

 

 

Tim PKK Network/Dhenok Hastuti

Editor: DHE

Penulis

Bagikan di Whatsapp:

Tulis Komentar