SOS Children’s Village Laporkan Hasil Pendampingan Wilayah Binaan di Kalurahan Semanu

Memasuki tahun ke-13 melakukan pendampingan di Padukuhan Sokokerep, Kalurahan Semanu, SOS Children's Village menyampaikan harapannya untuk kerja sama yang lebih baik di masa yang akan datang.
0
74
Bagikan di Whatsapp:

PKK Network – Tim PKK Kelurahan Semanu hadir dalam acara sharing dan diskusi yang digelar Kalurahan Semanu bersama SOS Children’s Village Yogyakarta. Lembaga nirlaba dengan pendampingan anak ini tengah menjalankan kegiatannya di di wilayah binaan Padukuhan Sokokerep, Kalurahan Semanu, Wonosari, Gunung Kidul.

Di hadapan para peserta diskusi yakni dari BUMDes Kalurahan Semanu, TP PKK, kelompok wanita tani, perangkat kalurahan, dan sejumlah lembaga yang bergiat di ekonomi kerakyatan, SOS melaporkan kegiatan yang telah dilakukan sejak 2011 di wilayah binaannya tersebut. Tim SOS kemudian melanjutkan berbagi perihal sejarah, program kerja, manfaat, serta hasil yang telah dicapai masing-masing lembaga yang terlibat. Seperti dikabarkan unggahan Instagram @kim_soker_bmkg dan @kalurahan_semanu, SOS juga menyampaikan harapannya untuk ke depan agar kerja sama lebih erat terus bisa dilakukan terkait kegiatan ekonomi yang saling bersinergi sehingga tujuan yang diharapkan oleh masing-masing pihak dapat maksimal.

Lurah Semanu Harto Muadzan memberikan apresiasi positifnya karena telah melihat secara langsung kegiatan-kegiatan SOS bersama masyarakat di wilayah binaan. Ia juga menyampaikan harapan yang besar dari pendampingan yang masih terus dijalankan di Padukuhan Sokokerep tersebut.

SOS Children’s Villages sendiri merupakan organisasi sosial nirlaba non-pemerintah yang aktif dalam mendukung hak-hak anak dan berkomitmen memberikan anak-anak yang telah atau berisiko kehilangan pengasuhan orang tua kebutuhan utama mereka, yaitu keluarga dan rumah yang penuh kasih sayang. Organisasi ini didirikan oleh Hermann Gmeiner, seorang mahasiswa kedokteran di Austria pada 1949. Gmeiner tergerak hatinya saat melihat banyaknya anak telantar dan kehilangan hak pengasuhan mereka akibat Perang Dunia II.

SOS Children’s Villages telah bekerja secara aktif di 135 negara dan mengasuh lebih dari 80.000 anak di seluruh dunia. Lembaga ini berdiri di Indonesia pada 1972. Saat ini SOS Children’s Villages Indonesia tersebar di 9 daerah dari Banda Aceh hingga Flores.

 

referensi: website SOS Children’s Villages

 

Tim Penggerak PKK/Dhenok Hastuti

Editor: Dhe

Penulis

Bagikan di Whatsapp:

Tulis Komentar