Rapat Monitoring dan Evaluasi dalam Upaya Memerangi TBC

Jumlah penderita TBC sudah jauh berkurang dalam beberapa dekade terakhir. Namun penyakit ini masih menjadi prioritas penanganan karena kasusnya yang masih banyak ditemukan.
0
67
Bagikan di Whatsapp:

PKK Network – Secara berkala Pemerintah menggelar rapat monitoring dan evaluasi terkait capaian indikator program TBC. Di tingkat provinsi kegiatan dilangsungkan pada Jumat (26/7), di Ruang Auditorium Lt.2, Gedung Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta. Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Program Tuberkulosis (TBC) Tahun 2024 Provinsi DKI Jakarta yang dilaksanakan secara hybrid diikuti oleh Suku Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, seluruh fasilitas pelayanan kesehatan DKI Jakarta (mulai dari TPMD, klinik pemerintah dan swasta, puskesmas, rumah sakit swasta dan pemerintah), asosiasi fasilitas pelayanan kesehatan, komunitas SR, SSR/IU PPTI.

Kegiatan serupa diselenggarakan oleh pemerintah wilayah setempat, seperti yang berlangsung di Kecamatan Kelapa Gading, pada Senin (29/7) bertempat di Kantor Kecamatan Kelapa Gading. Hadir dalam Rapat Monitoring dan Evaluasi Tim Basmi TBC Tingkat Kecamatan ini segenap masyarakat yang terlibat dalam upaya penanganan TBC. Dalam unggahan @pkkkelapagading tampak Tim PKK Kelapa Gading Barat hadir dalam rapat bersama yang berlangsung mulai pukul 13.00 tersebut.

Kegiatan monitoring dan evaluasi ini diharapkan menjadi peluang bagi kalangan tenaga kesehatan dan pegiat masyarakat untuk kembali mengingat capaian dan praktik baik yang telah dilakukan sebelumnya. Sebagai acuannya, tema global yang diusung pada Hari Tuberkulosis Sedunia 2024 lalu yakni “Yes! We can End TB“ dan tema nasional “Gerakan Indonesia Akhiri Tuberkulosis”.

Tuberkulosis sendiri bukanlah penyakit baru. Penyakit yang disebabkan oleh Mycobacterium Tuberculosis (MTb) ini telah muncul lebih dari 150 juta tahun yang lalu dan diperkirakan sejak sekitar 3 juta tahun lalu bakteri MTb telah menginfeksi hominid awal di Afrika Timur lalu berkembang ke seluruh dunia.

 

Tim PKK Network/Dhenok Hastuti

Editor: DHE

Penulis

Bagikan di Whatsapp:

Tulis Komentar