Pelatihan Kerajinan Ecoprint dan Pembuatan Kipas Berbahan Bambu

Ecoprint merupakan salah satu kerajinan yang mudah dan murah karena alat dan bahannya banyak terdapat di sekitar, ramah lingkungan, serta bernilai ekonomi tinggi.
0
46
Bagikan di Whatsapp:

PKK Network – Pj. Ketua TP-PKK Kabupaten Sinjai, Cut Resmiati, secara resmi membuka Pelatihan Kerajinan Ecoprint pada 31 Juli 2024. Kegiatan ini diikuti oleh kader PKK dari tingkat kabupaten, kecamatan, serta desa/kelurahan di Kabupaten Sinjai. Bertempat di Aula Kantor PKK Kabupaten Sinjai, pelatihan ini menghadirkan pemateri sekaligus mentor yang merupakan dosen luar biasa dan mahasiswi tingkat akhir Jurusan Tata Busana Universitas Negeri Makassar.

Dalam sambutannya, Cut menekankan pentingnya memanfaatkan bahan-bahan lokal yang mudah ditemukan di lingkungan sekitar.

Kain hasil ecoprint dari pelatihan PKK (@pkksinjai).

Cut Resmiati berharap para peserta kader dapat membagikan ilmu yang didapatkan selama pelatihan kepada masyarakat di kecamatan dan desa/kelurahan masing-masing.

Kerajinan dengan bahan dasar berupa daun, bunga, dan ranting ini dianggap memiliki nilai lebih dan dapat menarik minat masyarakat, terutama ibu rumah tangga. Dalam pelatihan ini, para peserta diminta membawa berbagai bahan pangan dan tumbuhan yang akan dijadikan motif dalam pembuatan ecoprint. Selama pelatihan, Cut Resmiati juga mendampingi para kader dalam setiap proses yang diajarkan, mulai dari tahap pencetakan hingga pengeringan. Pelatihan ini juga berjalan secara daring melalui Zoom meeting, sehingga bisa diikuti oleh kader PKK lainnya.

“Selain meningkatkan daya kreativitas, hasil kerajinan ecoprint dapat dipasarkan sebagai produk UMKM di Kabupaten Sinjai. Tentunya ini menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan sektor perekonomian masyarakat di Kabupaten Sinjai,” jelas Ketua TP-PKK Sinjai.

Selain ecoprint, para kader PKK juga dilatih untuk membuat kipas dengan rangka berbahan bambu, menambah keterampilan dan variasi produk yang dapat dikembangkan oleh para kader PKK di Kabupaten Sinjai.

 

Tim PKK Network/Intan Nuraeni

Editor: DHE

Penulis

Bagikan di Whatsapp:

Tulis Komentar