Silaturahmi Tim PKK Network ke Kelurahan Setu

Tim PKK Network secara berkala melakukan kunjungan ke PKK yang ada di kelurahan-kelurahan. Selain sebagai ajang silaturahmi juga untuk memotret dari dekat kegiatan TP PKK setempat.
0
61
Bagikan di Whatsapp:

PKK Network – Tim Penggerak (TP) PKK Kelurahan Setu merupakan salah satu tim yang sukses dalam memberdayakan lahan di lingkungan kelurahan sebagai area bertanam. Hal ini sejalan dengan rencana jangan panjang Kelurahan Setu untuk menjadi Kelurahan Agrowisata Perkotaan. Tim PKK Network melalui program Giat Kunjungan dan Silaturahmi berkesempatan menemui TP PKK Kelurahan Setu pada Senin, 12 Agustus 2024.

Chief Community PKK Network Risia “Riris” bersama Ketua TP PKK Kelurahan Setu Ibu Resty (Dok. Istimewa)

Dalam silaturahmi ini, Tim PKK Network disambut oleh Ketua TP PKK Kelurahan Setu Ibu Resty Eka Istiana dan para pengurus TP PKK Kelurahan Setu. Masing-masing berbagi pengalaman terkait kegiatan-kegiatan PKK di wilayah Kelurahan Setu yang berada di Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur tersebut. Selain diskusi, Tim PKK Network juga diajak berkeliling untuk melihat dari dekat karya dari para penggiat PKK di kelurahan ini.

Ketua TP PKK Kelurahan Setu Ibu Resty Eka Istiana dan Wakil Ketua 2 Ibu Eryani menjelaskan Pojok Baca dan manfaatnya untuk warga yang berkunjung ke Kelurahan Setu (Dok. Istimewa)

Titik utama yang dikunjungi Tim PKK Network adalah Pojok Baca yang terletak di sudut Kantor Kelurahan Setu, Toko PKK yang menjual produk-produk camilan dari pelaku UMKM binaan PKK, dan Kebun PKK di halaman samping kantor kelurahan.

Ibu Resty dan Ibu Eryani memperkenalkan produk cemilanUP2K TP PKK Kelurahan Setu yaitu cemilan peyek, akar kelapa, dan gula aren (Dok. Istimewa)

Kebun yang digarap secara aktif oleh TP PKK bersama warga Kelurahan Setu ini ditanami berbagai macam tanaman sayuran, seperti kembang kol, cabai merah, cabai rawit, terong, kacang tanah, buah anggur, dan buah markisa. Di kebun mini ini juga terdapat kolam ikan. Hasil dari kebun PKK ini diberikan untuk warga, terutama anak-anak balita, baik dalam keadaan sudah diolah atau dimasak maupun mentah. Ini sebagai salah satu upaya untuk menurunkan angka stunting di wilayah Kelurahan Setu. Sebagian hasil kebun PKK juga diolah dan hasilnya dijual, seperti hasil panen cabai yang diolah oleh pengurus TP PKK Kelurahan Setu menjadi sambal.

Tim PKK Network diajak meninjau Kebun PKK Kelurahan Setu yang ditanami berbagai tanaman sayur dan buah, serta ada kolam ikan (Dok. Istimewa)

Dalam kunjungan Tim PKK Network ini hadir pula Sekretaris Kelurahan Setu Bapak Riswanto dan Kasi Kesra Ibu Resti Poerwaningsih.

Tim PKK Network menyampaikan terima kasihnya telah diterima dengan sangat baik oleh TP PKK Kelurahan Setu dan berharap dapat melakukan kolaborasi pada kesempatan yang akan datang.

Tim PKK Network akan melakukan kunjungan ke kelurahan secara berkala. Ada yang mau dikunjungi juga?

Tim PKK Network/Dhenok Hastuti
Editor: DHE

Penulis

Bagikan di Whatsapp:

Tulis Komentar