TP PKK di Jakarta Ikuti Seminar tentang PAUD

Seminar bertajuk "Strategi Pengasuhan Positif pada Anak Usia Dini" diselenggarakan di semua wilayah kota administrasi Jakarta dengan melibatkan TP PKK hingga tingkat kecamatan.
0
50
Bagikan di Whatsapp:

PKK Network – TP PKK Kecamatan Gambir hadir dalam seminar “Strategi Pengasuhan Positif pada Anak Usia Dini” yang digelar oleh Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat pada Rabu, 21 Agustus 2024. Kegiatan yang juga oleh para penggiat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ini berlangsung di Ruang Serbaguna Kantor Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat.

Seperti ditayangkan akun Instagram @tppkkkecamatangambir, hadir sebagai narasumber, Ahli Ilmu Psikologi Tri Natahlia Palupi dan Ahli Gizi Anugrah Novianti. Dalam kegiatan ini, hadir pula Bunda PAUD Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah dan Plt. Kepala Suku Dinas Bambang Eko Prabowo.

Dalam seminar ini dijelaskan bahwa orang tua berperan penting dalam mendukung perkembangan fisik, emosi, sosial, intelektual dan spiritual sejak anak dalam kandungan sampai dewasa sehingga anak tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang cerdas, mandiri, sehat dan berbudi pekerti yang luhur, dan berakhlak mulia.

Berfoto bersama peserta dan narasumber usai acara (Dok. IG @tppkkkecamatangambir)

Pada bulan sebelumnya, kegiatan serupa juga diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat. Menurut Ketua TP PKK Jakarta Barat, Lisniawati Uus, kegiatan tersebut bertujuan memberikan wawasan dan pengetahuan tentang pola asuh positif kepada orang tua dan guru PAUD se-Jakarta Barat. Hal yang ditekankan adalah pentingnya pengasuhan positif, yang melibatkan prinsip suportif, konstruktif, dan menyenangkan dalam mendidik anak. Suportif artinya memberi perlakuan yang mendukung perkembangan anak. Konstruktif berarti bersikap positif dengan menghindari kekerasan atau hukuman dan dilakukan dengan cara yang menyenangkan.

“Pengasuhan positif mengajarkan anak disiplin bukan dengan hukuman, melainkan dengan memberitahu mana perilaku yang salah dan benar. Anak-anak yang memiliki kebutuhan untuk merasa terhubung dengan orang-orang terdekat, mulai lingkungan yang responsif dan interaktif sangat mendukung perkembangannya,” ungkap Lisniawati seperti dikutip laman Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat.

Pola asuh anak ini menurut Lisniawati perlu dilakukan oleh setiap orang tua di rumah dan guru di sekolah dalam memberikan dukungan untuk pencegahan stunting dan kesuksesannya pada masa depan. Ia juga berharap kegiatan tersebut dapat memperkaya wawasan para peserta mengenai pengasuhan positif dan dampaknya terhadap tumbuh kembang anak.

Kegiatan seminar bertajuk “Strategi Pengasuhan Positif pada Anak Usia Dini” ini diselenggarakan secara bergiliran di wilayah kota administrasi di DKI Jakarta.

Tim PKK Network/Dhenok Hastuti
Editor: DHE

Penulis

Bagikan di Whatsapp:

Tulis Komentar