TP PKK Cukanggalih Awali Bulan September dengan Monev PMT dan Posyandu

PMT telah menjadi program rutin yang dilakukan oleh kader PKK dalam kegiatan posyandu. Kolaborasi desa dengan puskesmas ini telah memberikan banyak manfaat bagi masyarakat.
0
34
Bagikan di Whatsapp:

PKK Network – Status gizi merupakan salah satu faktor yang mendapatkan perhatian khusus saat dilangsungkan kegiatan rutin posyandu. Ibu hamil dan balita merupakan salah satu kelompok rawan gizi yang perlu mendapat perhatian tersebut. Selama dua harı berturut-turut, 2-3 September 2024, TP PKK Cukanggalih melangsungkan postanda yang dibarengi dengan kegiatan Monitoring dan Evaluasi Pemberian Makanan Tambahan (PMT). Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Puskesmas Curug dan Desa Cukanggalih.

Mengutip buku panduan PMT dari laman Ayo Sehat Kemkes, PMT diberikan kepada balita dan stimulan kehadiran balita di posyandu disertai dengan penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan. Pengukuran berat dan tinggi badan dilakukan secara rutin sehingga didapatkan data balita secara berkala. Jika diketahui tidal ada penambahan berat dan tinggi badan, bisa segera dibuatkan rujukan bagi balita dibawa ke dokter di puskesmas.

Pemenuhan gizi seimbang yang memenuhi kecukupan gizi pada balita merupakan salah satu program pemerintah yang terus digalakkan sebagai salah satu prasyarat untuk mencapai tujuan pembangunan sumber daya manusia menuju Indonesia Emas 2045. Dalam hal ini, posyandu merupakan pemegang peran penting sebagai pemberi informasi dan penggerak masyarakat.

Dalam tayangan akun Instagram @puskesmascurug disebutkan bahwa posyandu merupakan upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam memperoleh pelayanan kesehatan ibu dan anak. Tujuan utama posyandu adalah mencegah peningkatan angka kematian ibu dan bayi saat kehamilan, persalinan, atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat.

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan di posyandu yaitu:

  • Program kesehatan ibu hamil
  • Program kesehatan anak
  • Keluarga Berencana (KB)
  • Imunisasi
  • Pemantauan status gizi
  • Pencegahan dan penanggulangan diare

Layanan posyandu dilakukan satu kali dalam sebulan, dengan lokasi yang mudah dijangkau oleh masyarakat, mulai dari lingkungan desa atau kelurahan hingga RT dan RW.

TP PKK Cukanggalih yang kompak selenggarakan posyandu September (Dok. IG @tp.pkk.desa.cukanggalih)

Pada kegiatan Posyandu Rembulan Desa Cukanggalih, kegiatan dilangsungkan di rumah Bapak Harno dan Bapak Ali. Dalam unggahan @tp.pkk.desa.cukanggalih disebutkan bahwa menu PMT September adalah berupa dimsum ayam, telor puyuh rebus, dan buah.

Tim PKK Network/Dhenok Hastuti

Editor: DHE

Penulis

Bagikan di Whatsapp:

Tulis Komentar