Tips Mendidik Anak Tanpa Marah-Marah

0
23
Bagikan di Whatsapp:

PKK Network – Masa balita adalah periode yang sangat penting dalam perkembangan anak. Pada usia ini, si kecil cenderung sangat aktif dan mulai mengeksplorasi lingkungan sekitar dengan penuh rasa ingin tahu. Pada saat yang sama, kemampuan komunikasi mereka berkembang pesat, sehingga mereka dapat menyampaikan keinginan dan kebutuhan dengan lebih baik. Di samping itu, masa balita juga merupakan periode krusial dalam pembentukan karakter dan kepribadian anak.

Berikut ini tips bagi para ibu dalam mendidik anak balita di rumah yang dilansir Instagram BKKBN Jawa Barat:

1. Kenali pemicu tantrum pada anak
Tantrum adalah hal yang wajar terjadi pada anak balita. Pada momen ini, penting bagi ibu untuk bekerja sama dengan si kecil. Alih-alih merasa frustrasi, ibu perlu mengenali apa yang memicu tantrum tersebut dan memberikan pendekatan yang penuh kesabaran.

2. Ikuti pola pikir anak
Ketika anak tidak mau disuruh membereskan mainan, jangan langsung kesal. Sebagai ibu, Anda bisa ikut membantu membereskan mainan dan memberi contoh yang baik. Dengan mengikuti cara berpikir anak, Anda dapat membantu mereka belajar secara perlahan-lahan.

3. Ciptakan lingkungan yang kondusif
Profesor psikologi dari University of Vermont menekankan pentingnya menciptakan lingkungan yang nyaman dan kondusif untuk mendidik anak. Suasana yang tenang dan teratur akan membantu anak merasa lebih aman dan nyaman saat belajar.

4. Ajarkan komunikasi dengan kosakata baru
Pada usia satu tahun, anak mulai belajar menggabungkan kata-kata menjadi kalimat pendek. Ajarkan si kecil berbagai kosakata baru, seperti mengenal anggota tubuh, nama binatang, warna, dan banyak lagi. Dengan memperkenalkan kata-kata baru, Anda mendukung perkembangan kemampuan bahasa mereka.

5. Berikan hukuman dengan bijak
Jika anak melakukan kesalahan, berikan hukuman yang sesuai, namun tidak berlebihan. Hukuman dimaksudkan adalah untuk mendisiplinkan anak, bukan untuk menghukum secara berlebihan. Pastikan untuk tetap tenang dan tidak terbawa emosi saat memberikan hukuman.

6. Berpikir positif
Meskipun mendidik anak bisa membuat stres, penting untuk tetap berpikir positif. Percayalah bahwa Anda mampu memberikan pendidikan yang terbaik bagi si kecil.

7. Konsisten dan menjadi panutan yang baik
Konsistensi dalam pola asuh sangat penting. Anak akan merasa lebih aman dan terlindungi jika aturan dan kebiasaan yang diterapkan tidak berubah-ubah. Jadilah panutan yang baik bagi anak dengan menunjukkan sikap dan tindakan yang positif setiap hari.

Dengan mengikuti beberapa langkah ini, para ibu PKK dapat mendidik anak balitanya dengan cara yang lebih baik, sambil membentuk karakter anak yang kuat dan positif sejak dini.

Tim PKK Network/Intan Nuraeni
Editor: DHE

Penulis

Bagikan di Whatsapp:

Tulis Komentar