TP PKK Grogol Tamburan Panen Sayuran di Lahan Urban Farming Tol Tomang

Lewat ide kreatif warga, kolong tol pun dapat dimanfaatkan sebagai lahan urban farming. Lingkungan hijau, warga pun leluasa memetik hasilnya.
0
27
Bagikan di Whatsapp:

PKK Network – Banyak lahan kosong yang tak termanfaatkan dengan baik. Meski lahan tersebut merupakan area publik, tanpa kreativitas tak bakal menjadi lahan produktif. Lingkungan terkecil, linggkup RT-RW bersama PKK-nya biasanya merupakan motor penggerak dalam pemanfaatan lahan tersebut. Seperti yang dilakukan oleh TP PKK Kecamatan Grogol Petamburan yang melakukan panen aneka sayuran di lahan kolong Tol Tomang pada Jumat (13/9/2024).

Memanfaatkan lahan di area bawah tol bukan hal baru. Pada tiga tahun lalu upaya warga di kolong Tol Becakayu, Makasar, Jakarta Timur mendapat sorotan berbagai media nasional. Lahan tersebut mulai dimanfaatkan sejak 2017. Seperti ditayangkan oleh sejumlah media online, awalnya warga berinisitif untuk menanam tanaman hias demi menghilangkan kesan kumuh. Terlebih saat itu sedang gencar-gencarnya dilakukan pembangunan jalan tol. Lahan tak terurus itu dipakai warga di luar RW 013 Cipinang Melayu sebagai tempat pembuangan sampah dan area parkir. Maka, seperti diungkapkan Ketua RW, Umam, warga pun memanfaatkan lahan yang kurang enak dipandang itu sebagai area penghijauan. Dalam perjalanannya kemudian, aneka tanaman sederhana dan mudah tumbuh, seperti sayuran kangkung dan sawi pun coba ditanam.

Urban farming memanfaatkan lahan di bawah tol Becakayu yang sukses (Dok. Kompas online)

Pengelolaan lahan urban farming di kolong Tol Becakayu ini pun tidak asal. Diatur sedemikian rupa agar berkelanjutan. Jenis tanaman untuk lahan ini dipilih yang memiliki siklus tanam berbeda, sehingga panen dapat dilakukan sepanjang waktu. Sejak dimulai tujuh tahun lalu, warga RW 013 Cipinang Melayu telah mengalami ratusan panen dari sayur dan buah-buahan yang ditanam, rata-rata tiga kali dalam sebulan. Kala awalnya hanya kangkung dan sawi, kini warga bisa memanen bayam, seledri, kembang kol, brokoli, cabai, kacang tanah, jagung, dan pare. Bahkan ada buah pisang, melon, pepaya, dan jeruk, serta tanaman obat seperti kemangi, serai, lidah buaya, dan jahe.

Pada panen oleh warga Kecamatan Grogol Petamburan di lahan urban farming kolong Tol Tomang, berhasil dipanen terong, kacang panjang, bayam merah, dan bayam hijau. Seperti ditayangkan Instagram @pkkkecgrogolpetamburan, panen kali ini melibatkan Camat dan Wakil Camat Grogol Petamburan beserta jajarannya.

referensi tambahan: kompas, detik, republika

Tim PKK Network/Dhenok Hastuti

Editor: DHE

Penulis

Bagikan di Whatsapp:

Tulis Komentar