Ketua TP PKK Kecamatan Bandung Kulon Saksikan Dari Dekat Sistem Kerja Motah-6

Mesin pengolah sampah dengan cara pembakaran telah mulai dioperasikan di Kelurahan Cigondewah Kaler sejak awal September 2024.
0
18
Bagikan di Whatsapp:

PKK Network – Ketua TP PKK Kecamatan Bandung Kulon Angie Tri Maulani melakukan peninjauan Mesin Olah Runtah (Motah) di Kelurahan Cigondewah Kaler pada 11 September 2024. Dengan didampingi tim PKK Kecamatan, Ibu Ketua melihat dari dekat bagaimana mesin pengolah sampah tersebut bekerja. Kunjungan ini sekaligus menunjukkan respon Ketua TP PKK terkait personalan sampah yang tengah mengemuka di kawasan Bandung Kulon.

Kelurahan Cigondewah Kaler dipilih sebagai lokasi pengolahan sampah. Seperti dikabarkan laman Jabarharum, mesin tersebut telah diujicobakan pada Senin (2/9/2024). Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan Kelurahan Cigondewah Kaler Dewi Waryanti mengatakan mesin pengolahan sampah yang disebut Motah-6 itu merupakan pemberian Kodam III/ Siliwangi sebagai upaya membantu mengatasi persoalan sampah di Kota Bandung. Pada tahap awal, sampah yang akan dibakar di Motah-6 berasal dari Kelurahan Cigondewah Kaler yang terdiri 14 RW. Untuk tahap berikutnya, 8 kelurahan di Kecamatan Bandung Kulon juga akan menggunakan perangkat tersebut.

Proses menuju pembakaran sampah di Motah-6 dimulai dari pengangkutan sampah dari rumah warga oleh petugas di setiap RW. Setelah dilakukan pemilahan, sampah yang tidak memiliki nilai jual langsung dimasukkan ke dalam mesin. Dengan demikian tidak ada sampah tersisa.

Sementara itu, Komandan Subsektor 2 Sektor 22 Satgas Citarum Harum Peltu Aris Santoso menyebutkan bahwa pengelolaan Motah-6 dilakukan oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 bekerja sama dengan petugas kewilayahan. Sebanyak 10 orang disiagakan untuk mengoperasikan perangkat tersebut. Para pekerja ini telah dilatih secara khusus agar menguasai si mesin pembakar tersebut.

Motah-6 dilaporkan mampu membakar sampah sebanyak 1 ton per jam. Jika satu hari kerja dihitung 8 jam, maka setiap harinya Motah-6 dapat membakar 8 ton sampah. Mesin ini tidak menggunakan bahan bakar. Hanya tinggal menyalakan api ke dalam tungku mesin. Setelah proses pembakaran, dari 1 ton sampah Akan tersisa 10 kilogram abu. Berikutnya abu ini rencananya akan dikelola menjadi bata beton.

Ketua TP PKK Kecamatan Bandung Kidul seperti dikutip Instagram @tppkk_kec.bakul berharap dengan keberadaan Motah-6, persoalan sampah di Kecamatan Bandung Kuklon dapat teratasi.

Tim PKK Network/Dhenok Hastuti

Editor: DHE

Penulis

Bagikan di Whatsapp:

Tulis Komentar