Manfaat Tomat untuk Kesehatan Keluarga

0
20
Bagikan di Whatsapp:

PKK Network – Tomat, bahan makanan yang sering kita jumpai di dapur ternyata memiliki banyak manfaat penting bagi kesehatan keluarga. Kandungan gizi dalam tomat dapat menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko serangan jantung. Selain itu, vitamin C dan antioksidan pada tomat membantu melawan radikal bebas penyebab kanker.

Dilansir dari website Kemenkes Direktorat Jendral Pelayanan Kesehatan, tomat dapat membantu melancarkan pencernaan berkat kandungan air dan seratnya. Tidak hanya itu, tomat juga baik untuk menjaga kesehatan mata karena kaya akan beta-karoten, likopen, dan lutein yang melindungi mata dari kerusakan.

Tanam tomat di pekarangan PKK Milenial (Dok. Instagram pkkkecamatanbandongan).

Tomat juga mendukung kesehatan kulit. Vitamin C-nya membantu pembentukan kolagen yang penting untuk menjaga elastisitas kulit, kesehatan rambut, dan kuku. Bagi ibu hamil, tomat sangat bermanfaat karena kandungan folatnya yang membantu mencegah cacat tabung saraf pada janin.

Meski tomat aman dikonsumsi, bagi yang memiliki masalah kesehatan tertentu, disarankan untuk mengonsumsinya dengan bijak. Tomat yang asam dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada sebagian orang, sehingga konsultasi dengan dokter sangat dianjurkan jika ragu.

Tim PKK Network/Intan Nuraeni
Editor: DHE

Penulis

Bagikan di Whatsapp:

Tulis Komentar